Home / Berita / Sambut Hari Kartini, LDII Kulonprogo Adakan Acara Pembinaan Remaja Putri

Sambut Hari Kartini, LDII Kulonprogo Adakan Acara Pembinaan Remaja Putri

Lines Kulonprogo – Menyambut Hari Kartini, Dewan Pimpinan Daerah Lembaga Dakwah Islam Indonesia (DPD LDII) Kulonprogo melalui Bidang Pemberdayaan Wanita dan Kesejahteraan Keluarga, menyelenggarakan acara pembinaan untuk remaja putri pada hari Minggu 28 April 2019.

Sesuai dengan tema “Mempersiapkan Diri Menjadi Ibu yang Baik dan Istri yang Solihah”, LDII ingin membekali remaja putri dengan ilmu dan keterampilan yang diperlukan agar kelak bisa menjadi istri yang solihah. “Menikah adalah sunnah Nabi Muhammad, yang sudah menikah maka agamanya terjaga. Kami merasa perlu untuk mengadakan kegiatan ini untuk membekali putri-putri kita sebelum berumah tangga nantinya.” kata Suwarti, S.Pd. sebagai Bidang Pemberdayaan Wanita LDII Kulonprogo.

Baca juga : Pengajian, Seminar, Talkshow, Hingga Demo Memasak di Acara Pembinaan Keputrian LDII

Acara yang berlokasi acara di Masjid Al Iman Pengasih cukup mudah dijangkau peserta yang terdiri dari remaja LDII berusia 17 tahun ke atas. Lebih dari 100 peserta telah hadir pada pukul 08.00 WIB, sesuai yang telah direncanakan oleh panitia.

Pengajian dan Talkshow membekali pemudi sebelum menikah
Pengajian dan Talkshow membekali pemudi sebelum menikah

Acara terbagi menjadi beberapa sesi yang dikemas dengan sangat menarik. Sesi pertama yaitu pengajian Al Quran dan Al Hadis yang disampaikan oleh Ustadzah Imroati Solihah, S.Pd yang berlangsung selama 45 menit mulai pukul 08.30. Dilanjutkan dengan acara kedua yaitu demo memasak oleh Saudari Nurul dan Khusnul. Dua menu yang didemokan yaitu Es Serut Selasih dan Lumpia Mayones. Segenap hadirin ikut menikmati makanan dan minuman ringan yang sebelumnya dibuat bersama-sama.

Pemberdayaan Wanita LDII-Demo membuat risoles mayones
Demo membuat risoles mayones bersama Sdri Nurul dan Sdri Khusnul

Acara selanjutnya dirangkai dengan materi seminar oleh Ibu Suwarti, S.Pd. Materi berisi mengenai apa saja yang harus dipersiapkan calon istri sebelum menikah dan masalah apa saja yang bisa muncul dalam kehidupan berumah tangga. Setelah itu, dilanjutkan dengan talkshow interaktif yang dipandu Iswari Widya Prayitna. Tiga orang narasumber yang dihadirkan yaitu Hj. Sri Artati, Suwarti, S.Pd., dan Febrida Anindya Jati, A.Md. Ketiganya mewakili usia rentang pernikahan yang berbeda.

Dari talkshow tersebut, terlihat antusias peserta dalam mengikuti acara yang ada. Ada 5 pemudi yang mengajukan pertanyaan, salah satunya terkait dengan cara mengatur keuangan dalam keluarga jika suami dan istri memiliki penghasilan masing-masing atau sama-sama bekerja. “Bisa diatur dengan musyawarah kecil dalam keluarga, misalnya gaji istri digunakan untuk keperluan rumah tangga sedangkan gaji suami untuk keperluan pendidikan anak-anak serta keperluan mendesak lainnya seperti misal renovasi rumah.” papar Febrida.

Pemberdayaan Wanita LDII-Ketiga narasumber yang dihadirkan (dari kiri ke kanan : Hj Sri Artati, Suwarti, dan Febrida)
Pemberdayaan Wanita LDII-Ketiga narasumber yang dihadirkan (dari kiri ke kanan : Hj Sri Artati, Suwarti, dan Febrida)

Acara ditutup pada pukul 11.00 WIB dengan doa penutup dan foto bersama di halaman masjid Al Haq. “Acara yang hanya beberapa jam ini, semoga bisa membekali pemudi LDII Kulonprogo yang smart, beautiful, solehah, dan istriable.” pungkas Iswari Widya ketika menutup acara.

Check Also

Mengaji Itu wajib

Pengelolaan Waktu, Agar Tetap Bisa Mengaji di Tengah Kesibukan Milenial

Lines Kulonprogo – Pada talkshow dengan tema “Mengaji Itu Wajib” yang dihelat oleh Dewan Pimpinan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *