Home / Berita / Wajibnya Mencari Ilmu, Meninggikan Derajat Di Hadapan Allah SWT

Wajibnya Mencari Ilmu, Meninggikan Derajat Di Hadapan Allah SWT

Lines Kulonprogo – Pada hari Ahad 31 Maret 2019, Dewan Pimpinan Daerah Lembaga Dakwah Islam Indonesia (DPD LDII) Kulonprogo menyelenggarakan pengajian dan talkshow di Masjid Al Iman Kompleks Kantor DPD. Kali ini, tema yang diangkat adalah “Mengaji Itu Wajib”. Sasarannya adalah para pemuda pemudi LDII, generasi milenial yang saat ini menghadapi pengaruh kecanggihan teknologi.

Talkshow “Mengaji Itu Wajib” di Masjid Al Iman Kompleks DPD LDII Kulonprogo

Mengaji adalah mencari ilmu agama, atau dalam Bahasa Arab disebut dengan “tholabul ‘ilmi”. Kita harus mengaji terlebih dahulu, baru mengamalkan sebuah ibadah. LDII sebagai lembaga dakwah, memberikan perhatian yang lebih tentang ilmu dan kefahaman agama. Terlebih terhadap generasi muda, karena di pundak mereka lah kelak perjuangan pelestarian Agama Islam ini dilanjutkan.

Acara yang dimulai jam 08 tersebut dibagi menjadi dua sesi, sesi pertama yaitu pengajian Al Quran dan Al Hadis yang disampaikan oleh Ustadz H Aris Setiawan. Sesi berlangsung selama 1 jam, dengan materi himpunan dalil-dalil wajibnya mencari ilmu, keutamaan para pencari ilmu, dan ancaman bagi mereka yang tidak mau mencari ilmu agama.

Dalam Al Quran surat Al Mujadalah ayat 11 Allah SWT berfirman bahwa akan mengangkat derajat orang beriman dan orang yang berilmu di antara kalian. ”Maka kita sebagai orang iman, mari tekun mengaji, tekun mencari ilmu agama. Agar ditinggikan derajatnya di hadapan Allah”, papar H Aris. Terlebih lagi dijelaskan dalam hadis nabi bersabda bahwa mencari ilmu itu wajib hukumnya bagi orang muslim.

H. Aris Setiawan menyampaikan dalil-dalil yang dihimpun dari Al Quran dan Al Hadist
H. Aris Setiawan menyampaikan dalil-dalil yang dihimpun dari Al Quran dan Al Hadist

Ada 12 dalil Quran Hadis yang disampaikan pada pengajian ini. Semua peserta serius menyimak keterangannya, menuliskan maknanya agar tidak lupa di kemudian hari. Terlebih ketika dikajikan tentang kefadholan/keutamaan orang yang mencari ilmu. “Pahala seseorang yang mruput (hadir awal) ketika belajar ilmu agama, seperti pahala umroh atau haji yang sempurna”, papar H. Aris ketika menerangkan sebuah hadis. “Maka kalian jangan suka terlambat ya! Ayo tadi siapa yang terlambat? Istighfar dulu,” lanjutnya.

Baca juga : Pengelolaan Waktu, Agar Tetap Bisa Mengaji di Tengah Kesibukan Milenial

Masih banyak beberapa keutamaan lain bagi para pencari ilmu yang diterangkan. Selain itu, dikajikan pula ancaman bagi orang yang tidak mau mencari ilmu, diantaranya yaitu mendapatkan amarah dari-Nya. Untuk mengaji lebih lanjut, dapat mengunjungi majlis taklim LDII yang ada di sekitar kita. Sesi selanjutnya adalah talkshow dengan mengundang empat narasumber. Diskusi berjalan lancar, dengan memperdalam materi yang sebelumnya sudah dikaji dipadukan dengan pengalaman narasumber. Rangkaian acara ditutup tepat pukul 11.00 WIB dengan doa bersama.

Check Also

Pengajian dan Talkshow membekali pemudi sebelum menikah

Sambut Hari Kartini, LDII Kulonprogo Adakan Acara Pembinaan Remaja Putri

Lines Kulonprogo – Menyambut Hari Kartini, Dewan Pimpinan Daerah Lembaga Dakwah Islam Indonesia (DPD LDII) …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *