Home / Berita / Sako SPN Garuda Emas Kulonprogo Sukses Ikuti Jelitaku 2020

Sako SPN Garuda Emas Kulonprogo Sukses Ikuti Jelitaku 2020

Lines Kulonprogo – Di Kulonprogo, ada berbagai cara untuk mengenal kawasan wisata. Dalam Gerakan Pramuka, diadakan Jelajah Lintas Wisata Kulon Progo (Jelitaku). Jelitaku merupakan agenda rutin tahunan yang diselenggarakan oleh Kwartir Cabang Pramuka Kabupaten Kulon Progo. Tahun ini memasuki agenda ke-XV. Berbeda dari tahun sebelumnya, tahun 2020 ini dilakukan secara daring mengingat situasi pandemi corona. Satuan Komunitas Pramuka Sekawan Persada Nusantara (Sako SPN) Cabang Kulonprogo turut berpartisipasi aktif dalam Jelitaku.

Jelitaku XV berlangsung selama 2 hari mulai tanggal 24 sampai dengan 25 Oktober. Jika pada Jelitaku tahun sebelumnya terdapat acara kepramukaan seperti dinamika kelompok, fun game, kuis berhadiah, kegiatan olahraga dan malam keakraban di alam bebas, maka Jelitaku online tahun ini secara virtual. Jelitaku 2020 diawali dengan pembukaan, pengunggahan giat prestasi di instagram dan aplikasi PraKu. Selanjutnya, peserta juga mem-follow instragam DKC kulonprogo, men-subscribe youtube DKC Kulonprogo. Tidak ketinggalan pula diadakan talkshow, dan diakhiri dengan penutupan.

Kelompok Putra dan Putri Sako SPN Kulonprogo pada Jelitaku 2020
Kelompok Putra dan Putri Sako SPN Kulonprogo pada Jelitaku 2020

Sako SPN Kulonprogo Sukses Ikuti Jelitaku XV Tahun 2020

Jelitaku XV tahun 2020 Kwarcab Kulon Progo, bertujuan untuk membentuk warga negara yang mandiri, peduli lingkungan, bertanggungjawab dan saling tolong menolong. Kegiatan ini juga menjadi ajang silaturahim, koordinasi, kompetisi, media motivasi dialogis antar anggota pramuka, dan media untuk memperkenalkan objek wisata di Kulon Progo. Tema yang diusung adalah Pramuka Milenial Berbudaya.

Jelitaku diikuti oleh MA/SMA/SMK di Kabupaten Kulon Progo, beberapa SAKA dan SAKO. Sako SPN Cabang Kulonprogo mengirimkan kelompok putra dan putri. Setiap kelompok terdiri dari 3 pramuka. Kelompok Putra beranggotakan Muhammad Tobroni, Mahmud Syaifudin, dan Muh Ali Yusron. Sedangkan kelompok putri beranggotakan Amalia Dhista Prasasti, Dea Nur Afafa, dan Masania Azza.

Kelompok Putra Sako SPN Kulonprogo pada Jelitaku 2020
Kelompok Putra Sako SPN Kulonprogo pada Jelitaku 2020

Perlombaan giat prestasi ada 3 macam yaitu reportase, fotografi, dan poster. Kegiatan giat prestasi putra berada di Pantai Glagah Indah, sedangkan putri di Gunung Lanang. Lokasi fotografi putra di Pantai Glagah Indah dan putri berada di lokasi Puncak Dipowono/Canting Mas. Kegiatan poster penggambaran sesuai dengan situasi sekarang yaitu pandemi covid 19

Kak Geyol : Giatlah Berlatih!

Rangkaian demi rangkaian Jelitaku sudah dilaksanakan dengan lancar. Penutupan dilaksanakan hari Ahad 25 Oktober 2020 di Sangga Kerja Garuda Emas Siluwok Kulonprogo.

Salah satu peserta, Muhammad Tobroni merasa sangat bersyukur bisa mengikuti acara ini. “Alhamdulillah, semua tugas bisa ditunaikan dengan baik. Terima kasih atas kesempatan yang diberikan, jadi tambah pengalaman berharga”, kata Tobroni.

Pembina putri Suwarti, S. Pd., bersyukur bahwa seluruh rangkaian bisa diikuti tanpa kendala berarti. “Senang sekali kerja bareng tim Jelitaku. Generasi muda yang enerjik dan penuh semangat. Alhamdulilah semua misi dapat terselesaikan sebelum deadline,” tutur Suwarti. Tidak ketinggalan pula, Sakoda DIY Kak Geyol Sugianta juga memberikan motivasi. “Atlit yang mendapatkan medali di kejuaraan dunia, mereka tiap hari juga latihan. Kalau ingin berhasil, giatlah berlatih, semoga Sako SPN Kulonprogo sukses dalam Jelitaku,” harapnya.

Check Also

Penyerahan paket bansos secara simbolis dari Ketua DPD kepada Lurah

Cegah Dampak Covid-19, LDII Kulonprogo Bagikan Bantuan Sosial untuk Warga

Lines Kulonprogo – Dewan Pimpinan Daerah Lembaga Dakwah Islam Indonesia (DPD LDII) Kulonprogo melakukan bakti …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *