Home / Berita / LDII Kulonprogo Ikuti Webinar Kebangsaan

LDII Kulonprogo Ikuti Webinar Kebangsaan

Dalam rangkaian Pra Munas IX LDII 2021, Dewan Pimpinan Pusat Lembaga Dakwah Islam Indonesia (DPP LDII) menggelar Webinar Kebangsaan. Melalui media zoom meeting, webinar sukses dilaksanakan hari ini Sabtu, 20 Februari 2021. Lebih dari 500 akun zoom hadir. Diantaranya merupakan tamu undangan, wartawan, dan selebihnya adalah studio mini DPD maupun DPW LDII yang tersebar di seluruh tanah air. DPD LDII Kulonprogo hadir melalui zoom meeting dari studio mini kompleks kantor DPD di Giripeni, Wates, Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Acara diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya pada pukul 08.30 WIB. Adapun Musyawarah Nasional (MUNAS) IX LDII 2021 rencananya akan digelar menjelang Bulan Ramadhan mendatang, tepatnya tanggal 7 – 8 April 2021. Webinar Kebangsaan yang kali ini mengambil tema  Peran Ormas Islam Dalam Memperkokoh Nilai-Nilai Kebangsaan di Masa Pandemi akan menjadi salah satu masukan penting pada Munas IX nanti.

Pada pembukaan webinar kebangsaan, Ketua Umum DPP LDII Ir. H. Chriswanto Santoso, M.Sc. menyampaikan bahwa Indonesia sangat heterogen, terdiri dari banyak bangsa, bahasa, suku dan budaya. “Keberagaman ini tidak perlu dipersoalkan. Kebangsaan Indonesia sudah final, tidak perlu diragukan lagi.” papar Chriswanto Santoso. Kebangsaan tidak hanya masalah negara. LDII sebagai ormas di Indonesia, sangat perlu membantu negara dalam hal kebangsaan. “Bisa menjadi corong, ikut menyampaikan tentang kebangsaan. Dan webinar ini adalah salah satu wujud nyata kontribusi LDII.” kata Chriswanto Santoso.

Kenapa Webinar Kebangsaan ini Diadakan

LDII memandang bahwa kebangsaan merupakan hal yang penting bagi LDII. Chriswanto Santoso  menyampaikan bahwa stabilitas Indonesia sangat penting untuk kelancaran dan kenyamanan beribadah umat Islam pada khususnya, dan seluruh umat beragama di Indonesia. Maka, diperlukan kesepahaman yang sama untuk membangun Indonesia ke depan menjadi lebih baik.

Capture zoom Webinar Kebangsaan
Capture zoom Webinar Kebangsaan

Dari Dirjen Kemendagri, Ibu Sri Hayati MA, SSi menyampaikan bahwa ormas dapat berperan dengan konsisten melaksanakan kegiatan sesuai tujuan organsisasi. Juga dengan senantiasa mengutamakan kepentingan bersama untuk menjaga persatuan dan kesatuan. “Ormas dapat berpartisipasi dalam pencapaian tujuan negara. Juga menjadi mitra kerja pemerintah dalam melaksanakan pembangunan Indonesia ini. Kami apresiasi DPP LDII yang sudah menyelenggarakan webinar kebangsaan ini.” kata Sri Hayati.

Prof DR Phil. H. Kamaruddin Amin, MA selaku Dirjen Bimas Islam yang menjadi narasumber selanjutnya menyampaikan tentang pentingnya kerjasama yang harmonis dari semua kelompok maupun ormas. “Terima kasih LDII, dan juga ormas lain yang telah berkontribusi merawat kebhinekaan, merawat keberagaman. Kita semua merawat Indonesia tercinta ini.” papar Kamaruddin. Narasumber terakhir yang hadir dalam webinar yaitu HM Affan Rangkuti, Ketua Umum Patriot Bangsa. Beliau menyampaikan paparan tentang Privatisasi Lemdik Bela Negara : Memperkuat 4 Pilar Kebangsaan. Beliau menyampaikan terima kasih kepada LDII dan pentingnya partisipasi kelompok dan ormas dalam nilai kebangsaan yang harus dihargai.

LDII Kulonprogo Ikuti Webinar Kebangsaan
LDII Kulonprogo Ikuti Webinar Kebangsaan

Hadir di studio mini LDII Kulonprogo 4 orang pengurus dari jajaran wanhat. Segenap pengurus harian DPD LDII juga hadir menyimak sampai akhir acara, termasuk H. Pandaya, S. Pd., M. Pd. selaku ketua. “Alhamdulillah acara ini dapat berjalan dengan lancar. Terima kasih kepada DPP LDII yang sudah menyelenggarakan acara yang sangat bermanfaat di tengah keterbatasan di masa pandemi ini. Kami sangat mendukung pemanfaatan IPTEK untuk memperkuat wawasan kebangsaan kepada generasi milenial.” kata Pandaya.

Check Also

Tangkapan Layar Zoom Webinar Ketahanan Keluarga

Via Daring, LDII Kulonprogo Ikuti Webinar Ketahanan Keluarga

Dalam rangkaian Pra Munas IX LDII 2021, Dewan Pimpinan Pusat Lembaga Dakwah Islam Indonesia (DPP …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *