Home / Berita / Undang Narsum Polres dan Kodim, LDII Kulonprogo Gelar Talkshow Wasbang

Undang Narsum Polres dan Kodim, LDII Kulonprogo Gelar Talkshow Wasbang

[Kulon Progo-Lines] Dalam rangkaian acara Pengajian Akhir Tahun 2019, Dewan Pimpinan Daerah Lembaga Dakwah Islam Indonesia (DPD LDII) Kulonprogo menyelenggarakan talkshow Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara pada hari Selasa 31 Desember 2019. Areal parkir Komplek DPD LDII ditata sedemikian rupa, sehingga mampu menampung sekitar 400 hadirin.

Materi tentang Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara dipilih untuk menanamkan rasa cinta tanah air kepada generasi muda. Hal ini penting agar para milenial memahami sepenuhnya bahwa Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) tercinta ini merupakan warisan yang harus disampaikan kepada anak cucu. Tidak boleh dirusak atau disalahgunakan untuk kepentingan sesaat.

Ada tiga orang narasumber yang dihadirkan. Narasumber yang diundang adalah para ahli yang berkompeten di bidangnya, yaitu dari Kodim, Kesbangpol, dan Polres Kulonprogo. Bapak Kapten Wiyono hadir sebagai narasumber dari Kodim 0731/Kulonprogo. Bapak AKP Sutarno, S.H yang
menjabat sebagai Kasatbinmas hadir sebagai narasumber dari Polres Kulonprogo. Dari Kantor Kesbangpol, hadir Bapak Bawa Supratman, S.H., M.H. yang menjabat sebagai Kasi Ormas Orpol Kesbangpol. Tidak ketinggalan pula Bapak Pandaya, S.Pd., M. Pd., hadir sebagai ketua DPD LDII Kulonprogo. Acara talkshow dipandu oleh dua orang moderator yaitu Andhika Widiasto dan M. Yulianto Wibowo dari unsur pemuda LDII. “Kita juga mengundang dari Koramil, Polsek, Bu Lurah dan jajarannya sampai RT RW. Alhamdulillah semua bisa hadir”, kata Pandaya.

Metamorfosis 2019 - talkshow wawasan kebangsaan dan bela negara
Metamorfosis 2019 – Talkshow Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara. Dari kiri ke kanan : AKP Sutarno, Pandaya, Kapten Wiyono, Bawa Supratman, Andhika Widiasto, dan M. Yulianto

Peserta yang hadir adalah pemuda dan pemudi LDII dari seluruh PC dan PAC LDII di Kulonprogo. Tidak ketinggalan pula bapak ketua PC, PAC, dan pengurus harian DPD turut hadir untuk menyaksikan talkshow yang dimulai pada pukul 20.00. Alhamdulillah malam itu cuaca cukup bersahabat, sangat mendukung kelancaran acara mulai dari awal sampai akhir. Sempat turun gerimis di awal acara, hanya saja tidak sampai mengganggu sesi yang sedang berlangsung. Malam begitu hangat, semangat kebangsaan menggelora ketika moderator meneriakkan yel-yel.
“Siapa kita? Indonesia!!!
Ideologi kita? Pancasila!!!
Kewajiban kita? Bela Negara!!!
Pancasila… Jaya!!!
NKRI… Harga Mati!!!
Diikuti dengan gemuruh tepuk tangan seluruh hadirin yang memadati lokasi.

Dengan gaya bicara yang penuh semangat, Danramil Wates menyampaikan bahwa NKRI adalah warisan yang harus disampaikan kepada anak cucu. Maka selayaknyalah generasi muda saat ini harus menjaga, merawat dengan sebaik-baiknya. “Indonesia adalah bangsa yang kaya raya, subur, makmur, gemah ripah loh jinawi, kita terletak di khatulistiwa. Jaga baik-baik! Jangan dirusak. Waspada terus, karena NKRI pada dasarnya dalam bahaya. Baik bahaya dari dalam maupun dari luar.” papar Kapten Wiyono. Selanjutnya beliau menyampaikan tentang bahaya kelompokisme, daerahisme, dan disintegrasi bangsa. Beliau menaruh harapan besar, kelak pemimpin-pemimpin di masa mendatang terlahir dari pemuda pemudi LDII.

Besok, pemimpin-pemimpin bangsa akan terlahir dari pemuda pemudi generasi penerus ini.

Kasatbinmas Polres Kulonprogo menyampaikan tentang pentingnya kehati-hatian kita terhadap penyakit masyarakat (pekat). “Jangan sampai generasi muda LDII terjerumus minum miras, narkoba, seks bebas! Ndak boleh itu.” kata AKP Sutarno. Juga tentang faham radikalisme yang selalu mengancam. Terakhir, beliau menyampaikan tentang bijak bermedsos. Dengan berhati-hati terhadap tiga hal tersebut, keamanan dan ketertiban akan lebih mudah untuk diwujudkan. “Bahkan, besok saya tidak akan kaget kalau akan muncul pemimpin-pemimpin dari anak-anakku yang sekarang ada di hadapan ini.” harapnya.

Kasi Ormas Orpol Kesbangpol Kulonprogo sangat mengapresiasi diadakannya Ngaji Akhir Tahun ini. Kesbangpol, sebagai ‘bapak’ nya LDII, merasa bangga dan bersyukur ternyata ada acara positif seperti ini. “Tolong lanjutkan! Jangan hanya berhenti saat ini saja. Insya Alloh besok kita akan undang LDII juga ketika mengadakan acara-acara di Kesbangpol.”, kata Bawa Supratman.

Pandaya menggarisbawahi apa yang disampaikan oleh para narasumber. Beliau juga menjelaskan tentang pentingnya Ngaji Akhir Tahun untuk memagari generus, “Acara ini bukan merayakan pergantian tahun, tetapi untuk menjaga para generus dari acara-acara yang tidak bermanfaat. Kalau acara seperti ini kan bisa ngaji semua, dibina keimanan dan ketakwaannya, lebih mudah diawasi.”

Ragil - salah satu penanya talkshow
Ragil – salah satu penanya talkshow

Ketika sesi tanya jawab dibuka, Ragil pemuda dari PC Nanggulan bertanya, “Sebentar lagi Kulonprogo akan menjadi kota aerometropolis insya Alloh, dan biasanya akan dibarengi dengan maraknya pekat sesuai yang tadi disampaikan Pak Polisi. Nah, bagaimana kiat-kiat agar tidak terjerumus?” AKP Sutarno yang diberikan kesempatan menjawab, menyampaikan bahwa cara yang paling jitu yaitu dengan meningkatkan iman dan takwa. “Sesuai tema Metamorfosis ini (merangkai taqwa), sudah pas sekali. Lanjutkan! Perbanyak ilmu agama dan ilmu pengetahuan kalian, buang jauh-jauh pengaruh yang seperti itu (pengaruh negatif).”, jawab AKP Sutarno.

Acara pun diakhiri dengan foto bersama semua narasumber dan para tamu undangan yang hadir. Pada sesi kedua, semua pramuka Sako Sekawan Persada Nusantara (SPN) yang hadir juga dipanggil ke atas podium untuk berfoto.

Narasumber dan pengurus harian DPD LDII Kulonprogo berfoto bersama usai talkshow
Narasumber dan pengurus harian DPD LDII Kulonprogo berfoto bersama usai talkshow

Check Also

ngaji hari pertama tahun 2020 (1)

Yuk Intip Asyiknya Ngaji Akhir Tahun 2019 LDII Kulon Progo

Tahun baru selalu identik dengan perayaan dan hura-hura. Bagaimana tidak? Momen 1 kali dalam setahun …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *