Home / Berita / Yuk Intip Asyiknya Ngaji Akhir Tahun 2019 LDII Kulon Progo

Yuk Intip Asyiknya Ngaji Akhir Tahun 2019 LDII Kulon Progo

User Rating: 3.94 ( 10 votes)

Tahun baru selalu identik dengan perayaan dan hura-hura. Bagaimana tidak? Momen 1 kali dalam setahun ini banyak dimanfaatkan untuk mencari kesenangan dan hiburan. Mayoritas penikmatnya tentu saja berasal dari kalangan pemuda. Namun berbeda dengan para pemuda LDII di seluruh Indonesia. Dimana setiap tahun baru, mereka justru memilih mengadakan #NgajiAkhirTahun yang mengasyikkan namun tetap berpahala. Tidak ketinggalan pula pemuda LDII Kulon Progo.

DPD LDII Kulon Progo sebagai wadah pembinaan muda-mudi membuat acara yang penuh manfaat. Hal ini untuk menjaga generasi penerus dari buruknya pengaruh zaman akhir. Salah satu bukti buruknya akhir zaman adalah berita dari kompas.com tanggal 31 Desember 2019 bahwa pembelian kondom di Yogyakarta, khususnya daerah wisata meningkat sekitar 10% dan pembelinya juga berasal dari remaja usia sekolah. Artinya, perzinaan juga semakin menjamur. Maka dari itu, salah satu tujuan acara ini dibentuk adalah untuk membentengi para pemuda LDII dari berbagai macam pengaruh buruk tersebut.

Dengan tema METAMORFOSIS (Merangkai Taqwa, Meminimalisir Error, Fokus Berproses di Sisa Usia), DPD LDII Kulon Progo memiliki berbagai rangkaian acara. Mulai dari talkshow wawasan kebangsaan dan bela negara, hingga fun outbond dan jalan santai. Tidak ketinggalan doorprize menarik serta hiburan pentas seni juga disediakan. Semua acara ini berjalan lancar meriah dengan hadirnya 300 lebih muda-mudi LDII dari berbagai daerah di Kulon Progo.

Tidak tanggung-tanggung, DPD LDII turut mengundang narasumber ahli untuk mengisi talkshow bertema wawasan kebangsaan dan bela negara malam itu. Diantaranya ada Bapak AKP Sutarno, S. H dari Polres, Bapak Kapt. Wiyono dari Koramil Wates, dan Bapak Bawa Supratman, S. H, M. H dari Kesbangpol. Peserta pun terlihat konsentrasi mengikuti rangkaian acara. Salah satu ungkapan yang teringat datang dari Bapak Kapt. Wiyono.

Talkshow Wawasan Kebangsaan & Bela Negara

Generasi kita harus sadar wawasan kebangsaan agar tidak dijajah pikirannya oleh negara lain atau paham radikal lain. Mampu membentengi diri dari pengaruh-pengaruh yang membuat kita mudah ditumpangi kepentingan lain.”, ungkap Bapak Kapt. Wiyono dalam salah satu materinya.

Malam itu, acara ditutup dengan pentas seni dari Persinas ASAD dan drama dari para pemuda LDII Kulon Progo. Pagi harinya setelah sholat subuh berjamaah, semua peserta diajak mengingat kembali betapa buruknya pengaruh akhir zaman terhadap keimanan. Kemudian dinasehati untuk menjaga diri. Setelah selesai, barulah mulai diadakan jalan santai dan fun outbond untuk mempererat tali persaudaraan antar peserta. Acara ditutup pukul 10.00 pagi dengan makan bersama dan pembagian hadiah.

Ngaji Hari Pertama Tahun 2020
Fun Outbond Kekompakan

Salah satu pesan yang ingin disampaikan penyelenggara acara adalah peserta mampu ber-METAMORFOSIS sempurna seperti halnya kupu-kupu. Dari ulat yang lemah dan buruk rupa, menjadi kupu-kupu yang indah dan mampu terbang kemanapun ia suka. DPD LDII Kulon Progo ingin semua generasi penerus berubah menjadi lebih baik lagi kedepannya. Apapun pengaruh buruk diluar sana, perubahan menjadi lebih baik harus tumbuh dan semakin kuat dari hati dan diri kita masing-masing. Salah satunya adalah dengan menguatkan keimanan dan meningkatkan ibadah kita. Tidak hanya ditahun 2020, namun juga tahun-tahun berikutnya.

Menjaga diri dari pengaruh buruk akhir zaman pada saat tahun baru bukanlah hal mudah. Perlu banyak pihak yang mendukung berjalannya acara bermanfaat dan menarik seperti ini. Mengingat begitu besarnya godaan diluar sana. Para pemuda LDII tidak hanya dibantu menjaga diri dari kegiatan maksiat saja, namun juga dibekali ilmu yang bermanfaat di dunia dan akhirat. Hal yang harus digarisbawahi adalah seluruh rangkaian acara ini  bukan untuk memperingati adanya pergantian tahun, seperti yang diungkapkan Bapak Pandaya selaku ketua DPD LDII Kulon Progo. Namun lebih kepada mewadahi para pemuda LDII untuk melakukan aktifitas yang bermanfaat dan tidak ikut hura-hura diluar sana. Sama-sama  berkumpul dan bersenang-senang, jika bisa mendapatkan pahala, kenapa harus mencari dosa? DPD LDII tidak hanya mengajak warga LDII saja, namun juga semua orang yang peduli pada masa depan generasi penerus kita kelak. Tidak harus meriah, namun harus bermanfaat. Mari adakan terus kegiatan #NgajiAkhirTahun ditahun-tahun selanjutnya.

About Ayu Nafiatul Matsna

Check Also

Penyerahan paket bansos secara simbolis dari Ketua DPD kepada Lurah

Cegah Dampak Covid-19, LDII Kulonprogo Bagikan Bantuan Sosial untuk Warga

Lines Kulonprogo – Dewan Pimpinan Daerah Lembaga Dakwah Islam Indonesia (DPD LDII) Kulonprogo melakukan bakti …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *